Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan

Posted on

Keutamaan  Puasa Di Bulan Ramadhananwarsigit.com – Umat Islam harus memahami tata krama atau fadhilah dari setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Menurut para ulama, memahami keutamaan melakukan setiap amal shaleh akan menjadi penunjang sekaligus akan memberdayakan peningkatan ketaqwaan seseorang.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan, karena bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat seperti yang menyertainya:

Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Qur’an Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Quran).

Pengungkapan Al-Qur’an dalam bentangan panjang Ramadhan adalah bukti nyata keagungan dan kebaikan periode Ramadhan. Allah SWT berfirman yang artinya: “Ramadhan yang panjang adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai penolong bagi umat manusia dan penjelasan dari petunjuk-petunjuk ini dan pembeda (antara yang nyata dan yang batil).” (Surat al-Baqarah: 185).

Dalam ayat lain Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Alquran) malam qadar” (QS. Al-Qadar: 1). Selain itu, banyak ayat lain yang menjelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam rentang panjang Ramadhan. Itulah sebabnya bentangan panjang Ramadhan dinamai dengan nama syahrul quran (bulan Alquran).

Bulan Penuh Keberkahan Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Bulan ini wajib atasmu berpuasa.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan selanjutnya setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan yang panjang, maka Allah akan menambah pahalanya.

READ ALSO :   Berikut ini Pengertian Majas Repetisi

Terlebih lagi, di bulan yang penuh berkah dan berkah ini, ada berkah dalam menerima manfaat, tetapi banyak berkah lainnya. Puasa dilihat dari aspek finansial, sehingga Ramadhan memberikan berkah moneter bagi para pedagang dan lainnya. Bagi orang miskin, Ramadhan membawa berkah tersendiri. Di bulan ini seorang muslim sangat dianjurkan dan sunnah untuk bersedekah dan bersedekah di bulan Ramadhan yang panjang kepada mereka. Bahkan wajib membayar zakat fitrah bagi mereka.

Malam Lailatul Qodar.

Salah satu kehebatan bulan Ramadhan adalah hadirnya malam yang sarat dengan keagungan dan berkah di salah satu malam terakhir dan ganjil di bentangan panjang Ramadhan, khususnya malam lailatul qodar. Di bulan Ramadhan ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, tepatnya lailatul qadar (malam yang cemerlang). Pada malam ini, 10 hari terakhir Ramadhan adalah saat diturunkannya Al-Qur’anul Karim.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Tidak diragukan lagi Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam yang cemerlang). Juga, apakah Anda setidaknya tahu apa itu malam kemuliaan? Malam yang cemerlang itu? lebih baik dari seribu bulan.” (Surat Al-Qadr: 1-3).

Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah

Allah Ta’ala memberikan Ramadhan sebagai sarana penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa-dosa besar. Nabi SAW bersabda yang artinya: “Shalat lima waktu, Jumat hingga Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan, menghapus dosa-dosa di antara waktu-waktu itu selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR.Muslim).

Melalui berbagai kegiatan ibadah di bulan Ramadhan, Allah swt menghapus dosa-dosa kita. Diantaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena sarat dengan iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

READ ALSO :   Contoh Pengertian Operasional – Variable, Bentuk, Makna, Para Ahli

Begitu juga dengan melaksanakan shalat malam (tarawih, witir dan tahajjud) di bulan Ramadhan dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya: “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan yang menunaikan qiyam (salat malam) Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah. .Swt, dosa masa lalunya akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ramadhan Pintu Surga Dibuka Pintu Neraka Ditutup

Keberkahan bulan Ramadhan adalah bahwa pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibatasi. Oleh karena itu, Allah Ta’ala telah memberikan kesempatan kepada hamba-hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal saleh yang mereka lakukan selama bulan Ramadhan yang panjang.

Mengingat berbagai keutamaan Ramadhan yang disebutkan di atas, sungguh sangat mengerikan ketika Ramadhan datang silih berganti meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada upaya yang maksimal dari kita untuk mewujudkannya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shaleh. Idealnya Ramadhan tahun ini akan lebih baik dalam hal amalan ibadah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.