Berikut Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadhan

Berikut Doa Mandi Sebelum Puasa Bulan Ramadhan

Posted on

Berikut Doa Mandi Sebelum Puasa Ramadhananwarsigit.com – Otoritas publik telah menemukan bahwa Ramadhan 1443 H jatuh pada tanggal 3 April 2022. Hal ini juga menjadi sorotan publik karena beberapa Muslim menggosok sebelum puasa. Kebiasaan mandi untuk mensucikan diri merupakan bagian dari rangkaian yang dilakukan oleh umat Islam. Tujuan pelaksanaannya adalah agar ada pilihan untuk menjauhi hadas kecil dan hadas besar dalam mengundang bulan suci Ramadhan.

Demikian, berikutnya adalah permintaan untuk mandi sebelum puasa disertai penjelasan agar mudah dipahami dan dilakukan.

  • Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa
    “Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla”.
    Artinya: “Aku berniat mandi sunat bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala”.
  • Membasuh kedua tangannya
  • Membasuh kemaluan
  • Berwudhu untuk shalat
  • Menyiram rambut dengan jari-jari yang sudah dibasahi ke pangkal rambut hingga rata
  • Membasuh kepala sebanyak tiga kali
  • Membasuh seluruh tubuh
  • Membasuh kedua kaki

Tata cara berwudhu sebelum puasa adalah sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim oleh Aisyah yang mengatakan, “Ketika Rasulullah (SAW) menggosok karena junub, maka dia memulai dengan mencuci dua tangan. Dia menuangkan air dengan tangannya. tangan kanannya di atas tangan kirinya, lalu dibasuhlah kemaluannya dan mandilah dengan mandi untuk berdoa. Kemudian ia membasuh rambutnya sambil memasukkan jari-jarinya ke pangkal rambut sampai rata. Setelah selesai, ia membasuh kepalanya tiga kali, lalu dia membasuh seluruh tubuhnya dan terakhir membasuh kedua kakinya” (HR Bukhari dan Muslim).

Pelaksanaan mandi sebelum puasa harus dilakukan pada sore hari sebelum Ramadhan. Namun bisa juga dilakukan sekitar waktu petang saat matahari terbit sudah memulai hari raya pertama.

READ ALSO :   Berikut ini Cara Melihat On Repeat Spotify

Pelaksanaan mandi sebelum puasa memang tidak wajib, namun jika dilakukan diyakini dapat lebih baik dalam merencanakan mendekatnya bulan surgawi Ramadhan, sehingga seorang muslim lebih siap dan gembira untuk menyambut bulan suci Ramadhan. .

Selain berwudhu sebelum puasa, ada juga amalan yang mulia, khususnya membaca Al-Qur’an, bersedekah, niat puasa sebelum Ramadhan.

Demikian penjelasan, tata cara, dan shalat wajib sebelum puasa Ramadhan. Tujuan menggosok sebelum Ramadhan adalah agar umat Islam menjauhi hadas kecil dan besar dan dapat bersiap-siap untuk periode Ramadhan dengan lebih baik dan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.