Begini Cara Membuat Password yang Kuat agar Akun Tidak Mudah Di Bajak

Begini Cara Membuat Password yang Kuat agar Akun Tidak Mudah Di Bajak

Posted on
Begini Cara Membuat Password yang Kuat agar Akun Tidak Mudah Di Bajakanwarsigit.com – Di era digital ini, biasanya individu memiliki lebih dari satu arsip digital. Misalnya, akun media sosial, email, bahkan akun saldo keuangan.

Setiap record harus dijaga dengan password agar tidak dapat digunakan oleh orang lain. Ini karena informasi penting yang kita miliki sering disimpan di akun tertentu.

Misalnya, informasi nomor rekening, nomor kartu kredit, dan sebagainya dapat disimpan di rekening serbaguna/web banking kami. Jika informasi tersebut diakses oleh orang lain, maka akan menjadi kerugian besar bagi pemilik informasi tersebut.

Sayangnya, karena ada begitu banyak akun digital, pengguna secara teratur akhirnya menggunakan campuran kata sandi yang sama untuk semua akun. Hal ini dilakukan secara rutin agar mudah diingat atau ragu untuk mengabaikan.

Sejujurnya, kata sandi adalah lapisan keamanan pertama pada setiap kredensial catatan digital yang dimiliki pengguna. Lalu bagaimana cara membuat password yang kuat?

Presiden organisasi keamanan PC Allure Security, Josh Shaul mengungkapkan bahwa kekuatan kata sandi dapat diukur dengan dua faktor, khususnya panjang orang dan kerumitannya.

“Sebagai aturan umum, semakin banyak kata sandi yang ditarik, semakin sulit ditebak dan semakin kuat,” kata Shaul.

Selain soal kepanjangan, pengguna juga harus fokus pada kerumitan alias kerumitan password yang digunakan. Semakin rumit, semakin sulit untuk menebak kata sandinya.

Shaul juga menyarankan pengguna untuk mencoba untuk tidak menggunakan kata sandi yang bersifat umum, mudah ditebak atau dibobol, seperti campuran kata sandi ‘12345’, ‘qwerty’, ulang tahun, tempat favorit, makanan favorit, dll.

READ ALSO :   Cara Mendapatkan Aeos Coins di Game Pokemon Unite

Tips membuat password yang kuat

Berikutnya adalah tips dan trik membuat password yang kuat secara lengkap, seperti yang dihimpun KompasTekno dari TomsGuide, Minggu (30/5/2021).

Pertama, kata sandi harus memiliki panjang sekitar 16 karakter. Faktanya, di masa lalu, kata sandi harus memiliki panjang sekitar delapan karakter. Namun, saat ini dunia peretasan semakin berkembang, sehingga membutuhkan lebih banyak kombinasi kata sandi.

Kedua, kata sandi harus menggunakan sesuatu seperti tiga dari empat jenis karakter. Mulai dari penggunaan huruf kapital (ABC), huruf kecil (abc), angka (123), dan simbol ([email protected]#$%).

Ketiga, lebih baik menggunakan kata sandi dengan karakter yang panjang, daripada yang rumit. Kata sandi “MonitorHouseboatFibonacciRuler” lebih kuat dari campuran kata sandi yang berbelit-belit “; S) 5uRvN + w”.

Keempat, meskipun menggunakan kata sandi yang panjang cenderung lebih baik, pengguna harus menggarisbawahi untuk menggunakan frasa panjang yang menarik, tidak jelas bagi orang lain, dan mudah diingat oleh pengguna.

Kelima, jangan hanya menggunakan satu huruf kapital atau orang khusus. Selain itu, jangan meletakkannya di awal dan akhir kata sandi, karena mudah ditebak.

Keenam, pantang membuat kata sandi menggunakan kata-kata biasa, gaul, atau terkenal.

Ketujuh, jangan membuat password yang berisi nama pengguna dan alamat email.

Kedelapan, juga tidak pernah membuat kata sandi dari hal-hal yang dapat dipelajari orang lain melalui profil pengguna di media sosial atau mesin pencari.

Dengan kata lain, jangan gunakan band Anda, film favorit, nama hewan peliharaan, julukan, nomor telepon, terutama tanggal lahir pengguna sebagai kata sandi.

Cek kekuatan password

Misalnya, pengguna dapat membuat kata sandi dari frasa panjang dalam bahasa Inggris, seperti “Saya lebih suka tidak bekerja larut malam pada Jumat malam di musim panas”.

READ ALSO :   Arti Godin dalam Puasa itu Apa? Berikut Penjelasannya yang Populer saat Bulan Puasa

Dari frasa ini, pengguna dapat mengubah, memotong, dan menggabungkan empat jenis karakter di setiap kata, untuk membuat kata sandi yang kuat.

Misalnya dengan variasi seperti (I) meremehkan (H8) hingga (2) bekerja (minggu) terlambat (l8) pada (0n) Jumat (5r1) malam (3v3) dalam (1N) musim panas (T) (5mm).

Jadi frasa “Saya lebih suka tidak bekerja larut malam pada Jumat malam di musim panas” dapat diubah menjadi kata sandi yang panjang dan berbelit-belit seperti “iH82wkl80n5r13v31NT5mm”.

Pengguna dapat secara inovatif mengubah frasa untuk menjadikannya kata sandi yang kuat, mengacu pada delapan tip dan trik sebelumnya.

Setelah merakit kata sandi, pengguna juga harus menguji kekuatan kata sandi. Pengguna dapat mengunjungi situs pemeriksaan kekuatan kata sandi, seperti situs security.org atau Pengukur Kata Sandi.

Jika Anda tidak memiliki ide, pengguna juga dapat mengunjungi situs pembuat kata sandi untuk melacak referensi kombinasi kata sandi, seperti melalui koneksi yang menyertainya.

Gunakan password manager

Dari model di atas, terlihat bahwa kata sandi yang kuat terdiri dari campuran angka, huruf, simbol yang panjang dan kompleks.

Namun, pengguna disarankan untuk tidak membuat catatan secara fisik, baik di atas kertas atau bahkan di dokumen di PC.

Alih-alih merekamnya di atas kertas atau dokumen di PC, pengguna dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengarah kata sandi.

Dengan aplikasi pengawas kata sandi, pengguna dapat menulis dan menyimpan semua kata sandi catatan digital mereka dengan mudah.

Dengan kata lain, pengguna dapat memiliki kata sandi yang kuat untuk setiap akun digital mereka. Selain itu, Anda tidak perlu mengingat semua kombinasi kata sandi yang kacau dan panjang itu.

Namun perlu digaris bawahi, untuk memastikan keamanan semua password yang tertulis di aplikasi administrator password, pengguna harus memastikan password dari aplikasi password director juga kuat.

READ ALSO :   Berikut Pengertian dan Contoh Teks Eksplanasi

Saat ini sudah banyak aplikasi password administrator gratis atau dengan harga berlangganan yang terbilang murah, baik di ponsel Android maupun iOS.

Ada juga pengelola kata sandi yang tiba-tiba melonjak dalam permintaan untuk komputer pribadi dan banyak yang memiliki modul browser, sehingga kata sandi pengguna dapat tetap “sinkron” di seluruh perangkat pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.