Cara Shutdown / Mematikan Windows dengan Perintah Suara Terbaru

Cara Shutdown / Mematikan Windows dengan Perintah Suara Terbaru

Posted on

Cara Shutdown / Mematikan Windows dengan Perintah Suara Terbaruanwarsigit.com – Berikut adalah tip luar biasa untuk mematikan/mematikan jendela dengan suara. Ya, hanya dengan perintah suara, PC Anda dapat secara alami mematikan, memulai ulang, atau log off. Kedengarannya sangat canggih bukan? Tapi tips tingkat tinggi ini bukan tidak mungkin, saat ini Anda benar-benar bisa melakukannya tanpa bantuan orang lain. Mungkin Anda pernah melihat film Iron Man di mana PC JARVIS (Just A Almost Very Intelligence System), dapat mendengarkan dan menyelesaikan perintah pemiliknya (Tony Stark). Hal yang sama sekarang dapat Anda lakukan untuk mematikan jendela dengan suara Anda sendiri. Semua hal dipertimbangkan, meskipun tidak secanggih Jarvis, tetapi pada dasarnya kita dapat mengambil bagian dalam cara ini untuk saat ini.

Apa yang membuat Anda memiliki opsi untuk mematikan jendela hanya dengan suara ini? Jawabannya adalah Cortana, aplikasi asisten pribadi yang dilengkapi untuk mendapatkan perintah suara untuk menjalankan perintah apa pun yang dikenalinya. Cortana adalah default pada Windows Phone 8.1 dan Windows 10 tanpa memperkenalkannya sekali lagi. Jadi tips ini hanya akan bekerja pada Windows 10, dan ingat untuk mengatur negara ke Amerika atau bahasa yang didukung Cortana. Sejarah Cortana sendiri pada awalnya merupakan aplikasi standalone bernama TellMe yang kemudian dibeli oleh Microsoft pada tahun 2009. Cortana adalah aplikasi asisten pribadi yang menyaingi Google Now, Android dan Siri dari Apple. Masing-masing dari ketiganya serupa, dan bersaing untuk menjadi yang terbaik sambil tetap mengikuti “prestise kecanggihan” yang ditawarkan masing-masing organisasi. Semua hal dipertimbangkan, siapa yang akan menjadi juara, Anda pilih..

Mematikan Komputer dengan Perintah Suara

Langkah mematikan windows dengan suara tidak terlalu sulit. Jika Cortana sudah terinstal, Anda cukup membuat dan menambahkan urutan suara lainnya. Caranya adalah dengan membuat shortcut dengan perintah mematikan PC, berikut detailnya:

  • Buka windows explorer atau tekan tombol kombinasi shortcut Start + E.
  • Buka folder tempat lokasi semua program yaitu dengan urutan folder berikut:

    C:UsersUsername AndaAppDataRoamingMicrosoftWindowsStart MenuPrograms

    Sesuaikan “Nama Pengguna Anda” dengan nama pengguna di PC. Jika di bawah “AppData” Anda tidak dapat melihatnya, coba centang Tampilkan file/folder yang disimpan dari “Opsi Penyelenggara” untuk menampilkan file/folder yang disimpan.

  • Jika sudah berada di folder program, klik kanan dan pilih “New Shorcut”. Pada kolom “location” tambahkan kode mematikan windows berikut:

    shutdown.exe -s -t 5

    shutdown.exe adalah record yang digunakan untuk menjalankan perintah shutdown, restart atau log off. sementara “- s” adalah perintah “shutdown”, sedangkan “t” adalah penundaan sebelum perintah dieksekusi. Menurut modelnya adalah “5”, itu berarti PC akan mati setelah 5 detik. Tentu saja Anda dapat memilih sendiri apakah Anda membutuhkannya lebih cepat atau lebih lama.

  • Beri nama shortcut yang Anda buat tadi yang mudah dikenali Cortana dan mudah Anda ingat. Misalkan Turn Off, Shutdown, Bye Bye, Let Sleep dan sebagainnya.
  • Selanjutnya Anda tinggal jalankan Cortana dan berikan perintahnya, semisal “Hey Cortana, Open Let Sleep (Shutdown, Byebye dst)”

Selain perintah untuk mematikan PC, Anda juga dapat membuat perintah yang berbeda untuk restart, log off, istirahat dan tidur. Tekniknya sama dengan strategi di atas, selain kodenya silahkan sesuaikan dengan kode di bawahnya:

Sangat mudah bukan? Dengan trik sederhana di atas Anda akan terlihat profesional dan keren. Tip khusus lain yang dapat Anda coba adalah membuat PC berkomunikasi dengan dirinya sendiri secara konsisten, 15 menit atau secara berkala. Tak disangka saya sudah membuatnya menjadi sebuah aplikasi, aplikasi ini saya buat sendiri lho. Tertarik mencoba, silahkan baca dan download aplikasi pada aplikasi jam bicara. Banyak terima kasih kepada Anda untuk membaca dengan teliti cara mematikan windows dengan suara ini, saya percaya itu berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.