Begini Tips dan Trik Agar Nasi Tak Cepat Basi

Begini Tips dan Trik Agar Nasi Tak Cepat Basi

Posted on

 Begini Tips dan Trik Agar Nasi Tak Cepat Basianwarsigit.com – Memasak nasi memang terasa lebih mudah dengan hadirnya rice cooker. Pada umumnya, di masa lalu orang sering memasak nasi dengan panci dan kompor. Yang pasti, waktu yang sangat lama dengan cara konvensional ini.

Dengan rice cooker, nasi lebih cepat matang dan matang merata. Jika Anda menuangkan proporsi air yang sempurna, nasi tidak akan menjadi keras saat dimasak.

Namun ternyata, penanak nasi tidak hanya menyelesaikan masalah nasi basi. Sejujurnya, nasi lebih cepat basi jika dimasak di rice cooker, lho.

Buat kamu yang bingung mengatasi masalah ini, berikut kami rangkum tips dan trik agar nasi tidak cepat basi dari laman Yukepo.com- – Jaringan Suara.com, Selasa (6/10/2020).

  • Gunakan air secukupnya

Untuk mendapatkan takaran yang tepat, Anda cukup menyentuh permukaan nasi di wadah dengan ujung penunjuk Anda. Pastikan ketinggian air yang telah dituangkan berada pada ketinggian yang sama dengan satu buku jari Anda. Air yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat nasi yang Anda buat cepat basi.

  • Aduk nasi sesekali saat dimasak

Saat sedang dimasak, kamu bisa mengaduk nasi agar kematangannya merata. Selain itu, trik ini juga bisa membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut sehingga terasa enak saat dimakan.

Cuci beras sampai bersih

Sama-sama agar tidak cepat basi, cuci beras terlebih dahulu hingga berwarna putih dan terlihat bersih. Seperti itu, nasi yang Anda buat di rice cooker akan bertahan lebih lama dari biasanya. Tapi ingat, jangan sampai airnya terlalu jernih. Jika terlalu bersih, kandungan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh bisa hilang banyak.

READ ALSO :   Ini Dia Cara Membuat Database MySQL untuk WordPress

Hilangkan uap nasi ketika sudah matang

Setiap kali penanak memberi tanda bahwa nasi sudah matang, buka bagian atasnya dan biarkan uapnya keluar sangat tinggi, lalu aduk sampai uapnya benar-benar hilang. Selain memiliki pilihan untuk membuat nasi tidak lembab dan kokoh, permukaan nasi yang Anda makan pun akan terasa lebih pulen. Ingatlah untuk menghilangkan kelembapan yang menempel di bagian bawah penutup juga.

Gunakan jeruk lemon

Setelah Anda mengosongkan beras dan air ke dalam penanak nasi, Anda bisa menambahkan beberapa tetes perasan lemon agar nasi lebih tahan lama. Nasi yang Anda masak juga akan lebih harum sehingga bisa menambah nafsu makan Anda.

Nah itulah tadi tips dan trik agar nasi tidak cepat basi. Bagaimana, mudah bukan? Dengan cara ini, nasi yang Anda masak sama sekali tidak akan terbuang percuma. Semoga sukses di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.