Berikut Tips Daftar IBI Online Terbaru 2022, Penjelasan Daftar KTA bagi Bidan

Berikut Tips Daftar IBI Online Terbaru 2022, Penjelasan Daftar KTA bagi Bidan

Posted on

Berikut Tips Daftar IBI Online Terbaru 2022, Penjelasan Daftar KTA bagi Bidananwarsigit.com – Sangat mudah untuk mendaftar IBI Online sebagai KTA (Kartu Anggota) bidan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai bidan dan belum terdaftar saat ini, bisa mengikuti strategi yang Jaka sajikan di bawah ini, pak!

Menjadi bidan bukan hanya masalah kemampuan dan kelulusan dari program instruktif. Bidan yang lulus juga harus memenuhi kualifikasi untuk didaftarkan atau memiliki izin yang cukup besar sebagai Kartu Tanda Anggota (KTA).

Memang buat kamu yang belum daftar IBI KTA bisa buat di web, pak! Langsung saja simak klarifikasi cara daftar IBI Online 2022 Terbaru dari Jaka di bawah ini ya!

Apa Itu IBI Online?

IBI merupakan kependekan dari Ikatan Bidan Indonesia. Sesuai website otoritas, keanggotaan Ikatan Bidan Indonesia adalah bidan yang memiliki Tanda Daftar dan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan kartunya masih cukup besar.

Keanggotaan IBI sesuai dengan tempat tinggal atau instansi tempat Anda bekerja. Awalnya, pendaftaran IBI dilakukan di Kantor Pimpinan Cabang/Cabang sesuai dengan tempat tinggal atau lembaga lingkungan kerja. Namun, saat ini Anda dapat mendaftar untuk IBI di web.

Sebagai data, bidan baru atau bidan lama yang masih memiliki KTA IBI juga perlu melakukan refresh KTA dengan KTA IBI lainnya. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 1853/E/PPIBI/2020 apabila telah diterapkan Nomor Anggota IBI dan KTA lain yang dihasilkan dari Sistem Basis Data KTA Online IBI.

Syarat dan Dokumen Daftar IBI Online

Ada kebutuhan untuk mendaftarkan IBI Online sebagai catatan informasi pribadi. Anda akan memasukkan informasi ini di situs web daftar IBI. Apa saja persyaratan untuk mendaftar IBI di web? Berikut daftarnya:

  • Ijazah kebidanan.
  • Sertifikat Kompetensi (SERKOM)
  • Surat Tanda Registrasi (STR)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Cara Daftar IBI Online

Setelah persyaratan atau ketentuan pengarsipan selesai, Anda dapat mulai mendaftarkan KTA IBI di web. Cara daftar IBI online gampang banget, kok! Anda hanya perlu menyiapkan satu gadget seperti ponsel, laptop, PC, atau tablet, serta koneksi web yang stabil.

READ ALSO :   Tips dan Trik Menggunakan Pemutih Tanpa Merusak Pakaian Kalian

Berikut cara daftar IBI Online baik bidan lama maupun bidan baru:

  1. Buka browser dan klik URL http://ibi.data-online.id/member-area/.
  2. Klik Buat Akun.
  3. Isi data Nama Anggota, No Identitas (KTP), Tanggal lahir. Lalu klik Proses.
  4. Kembali ke menu awal, isi ID pengguna dan password > klik Login.
  5. Selesai.

Untuk data, User ID adalah nama email yang digunakan. Sedangkan passwordnya adalah tahun, bulan, dan tanggal lahir.

Cara Cetak atau Download KTA IBI

Jika pendaftaran berhasil, KTA IBI akan muncul di layar tampilan. Setelah itu bidan pendaftar dapat mencetak atau mencetak KTA IBI. Bagaimana cara mencetak IBI KTA Online? Simak langkah-langkahnya, ya!

  1. Buka browser dan klik URL http://ibi.data-online.id/member-area/.
  2. Login akun dengan input ID pengguna dan password.
  3. Pada menu kiri, klik menu Kartu IBI-ku.
  4. Klik kanan pada gambar kartu, pilih Cetak, atau bisa tekan CTRL+P.
  5. Pilih Simpan sebagai PDF pada kotak print.
  6. Selesai. Kartu tersimpan di perangkat.

Jika gadget Anda langsung terhubung dengan printer, Anda dapat memilih nama printer dan kemudian klik Print. Anda dapat menyimpan kartu IBI Online di dompet Anda.

Tragisnya, pencetakan di atas kertas akan mudah overlay atau sobek. Tenang, jika perlu menjadikannya sebagai kartu, Anda bisa menunjukkan gambar daftar KTA IBI di website kepada pengurus IBI terdekat untuk dibuatkan kartu.

Cara Perpanjangan KTA IBI

Jika masa berlaku KTA IBI habis, bisa dilakukan perpanjangan, geng! Sampai pemberitahuan lebih lanjut, perpanjangan dapat dilakukan di kantor cabang terdekat. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Tiga (3) bulan sebelum habis masa berlakunya mengajukan perpanjangan.
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Perpanjangan.
  • Melampirkan foto copy KTA yang akan habis masa berlakunya.

Apa Itu CPD dan SIPORLIN Online?

Selain pendaftaran bagian IBI, bidan juga dapat mengikuti program IBI CPD dan SIPORLIN Online. Untuk data, CPD (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) atau biasa disebut P2KB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) adalah proses peningkatan profesional.

READ ALSO :   Tips Meningkatkan Kapasitas Maximum Upload File Media di WordPress

Peningkatan ini mencakup berbagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam kapasitasnya sebagai Bidan. Tujuannya adalah untuk mengikuti dan bekerja pada profesionalisme mereka sesuai standar keterampilan yang ditetapkan.

Sedangkan SIPORLIN adalah singkatan dari SKP Online Portfolio Information System. Tahap ini merupakan tempat untuk semua pencatatan dan kegiatan peningkatan sekolah bagi tenaga kesehatan.

Saat ini, untuk mendaftar, peserta harus memiliki KTA IBI, KTP, scan konfirmasi bidan dan pengakuan pelatihan terakhir. Cara mendapatkan KTA IBI, bisa lihat ajudan yang Jaka hadirkan di atas, ya!

Akhir Kata

Memang begitulah cara daftar IBI Online sebagai KTA. Sebagai bagian, Anda diharapkan untuk mengikuti peraturan yang sesuai. Selain hal-hal lain, membayar iuran anggota baru, membayar iuran biasa, dan dikenakan AD ART.

Leave a Reply

Your email address will not be published.